Definisi PT
Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut
juga Naamloze Vennootschaap (NV), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan
usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki
bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari
saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat
dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.
Perseroan terbatas merupakan badan
usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan
perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki
harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang
menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang
terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi
kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab
para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan
tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari saham, modal PT
dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik
obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau
ruginya perseroan terbatas tersebut.
PT yang akan saya bahas dalam posting
ini adalah TELKOM – PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Riwayat Singkat TELKOM
Telkom merupakan BUMN yang bergerak
di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan
karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan
statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa
saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia
sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di BEI,
NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”) di Jepang.
Layanan telekomunikasi dan jaringan
Telkom sangat luas dan beragam meliputi layanan dasar telekomunikasi domestik
dan internasional, baik menggunakan jaringan kabel, nirkabel tidak bergerak
(Code Division Multiple Access atau “CDMA”) maupun Global System for Mobile
Communication (“GSM”) serta layanan interkoneksi antar operator penyedia
jaringan. Di luar layanan telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang
Multimedia berupa konten dan aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan
yang disebut TIME. Bisnis telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis
Perusahaan yang bersifat legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut
sebagai bisnis new wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada
produk berbasis kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk
terus meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri
ini yang sangat terbuka.
Adalah obsesi Perusahaan untuk secara
berkelanjutan membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah menjadi
perusahaan dengan skala besar, dengan tetap mengutamakan peningkatan
kesejahteraan masyarakat luas. Selain itu, Perusahaan juga terus melakukan diversifikasi
usaha baik melalui merger ataupun akuisisi. Saat ini Perusahaan sedang
memperkuat fundamental jaringan broadband di kawasan Indonesia Timur melalui
proyek Palapa Ring sehingga dapat mewujudkan jaringan nasional yang kuat dengan
nama Nusantara Super Highway.
Komitmen Kami terhadap konektivitas
dan mobilitas data yang handal dan terpercaya, mampu meningkatkan jumlah
pelanggan broadband Kami menjadi 10,5 juta pelanggan per 31 Desember 2011, atau
meningkat sebesar 64,3%. Sementara itu, pelanggan layanan seluler meningkat
pesat sebesar 13,8% atau 13 juta pelanggan baru sehingga total pelanggan
seluler menjadi 107 juta.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam
penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services
(“TIMES”) di kawasan regional.
Misi
1. Menyediakan layanan TIMES yang
berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
2. Menjadi model pengelolaan korporasi
terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan
keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada
tanggal 30 Mei 2012.
INISIATIF STRATEGIS
1.
Pusat
Keunggulan.
2.
Menyelaraskan
struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
3.
Percepatan
implementasi broadband melalui layanan konvergen.
4.
Pengelolaan
portofolio nirkabel.
5.
Mengintegrasikan
solusi ekosistem Telkom Group.
6.
Berinvestasi
di layanan teknologi informasi.
7.
Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
8.
Berinvestasi
di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
9.
Memaksimalkan
nilai aset di bisnis yang saling terkait.
10. Mengintegrasikan Next Generation
Network (“NGN”) dan Operational support system, Business support system,
Customer support system and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk mencapai penyempurnaan beban biaya..
Struktur Organisasi
Perusahaan
KEGIATAN USAHA
Berdasarkan Anggaran Dasar
Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan
dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya
Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan
kegiatan usaha yang meliputi:
Merencanakan, membangun, menyediakan,
mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan
memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang
seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Merencanakan, mengembangkan,
menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi
dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan
peraturan perundang-undangan.
Menjalankan kegiatan dan usaha lain
dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain
pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas
pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan
http://www.telkom.co.id/UHI/UHI2011/ID/0305_organisasi.html
http://www.telkom.co.id/riwayat-singkat-telkom.html
http://www.telkom.co.id/visi-misi-dan-tujuan.html
http://perusahaan.web.id/definisi/perseroan-terbatas.html
Saya berharap mendapatkan workflow dr proses bisnis pt telkom dr artikel ini. Apakah bisa ditampilkan disini. Terima kasih.
BalasHapus