Sabtu, 07 Juni 2014

Tulisan Teori Organisasi Umum 2 Minggu Ke 3

Program Dasar Java


Sintak Pada Program Java

 





Program belajar.java ini adalah sebuah program yang akan menghasilkan output sesuai dengan gambar yang ada di bawah ini.

 


Class belajar merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama belajar. Menamai sebuah class merupakan kewajiban dan penamaannya dapat apa saja. Didalam deklarasi class ini diawali dengan tanda “ { “ dan diakhiri dengan tanda “ } “, fungsi ini mirip seperti bahasa pemrograman C++ yang menandai awal dan akhir dari program.

Lalu coding "public static void main (String args[])" yaitu mendeklrasikan suatu method dengan nama main. Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program. Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini. Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class. Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifiernya harus menggunakan public. Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana, ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori. Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah dipanggil (dieksekusi).

Setelah itu coding “System.out.println("Selamat Belajar Java");” yaitu coding yang membuat sebuah output pada java sesuai dengan yang ada di dalam kurung setelah sintak println atau print. Coding System merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print(); . Terakhir tanda " ; " diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.

Java merupakan program case-sensitive sehingga huruf besar kecil akan berpengaruh terhadap program ini. Contoh coding “System.out.println(“Selamat Belajar Java”);” , jika S pada coding System menggunakan huruf kecil maka program ini tidak bisa berjalan.


Referensi :
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2010/07/penjelasan-contoh-program-dasar-java.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar